Jumat, 21 Februari 2014

RPP SENTRA SENI



RENCANA PERSIAPAN PEMBELAJARAN SENTRA SENI
KELOMPOK TK B
TEMA                    : BINATANG
SUB TEMA           : MENGENAL BINATANG DI LINGKUNGAN SEKITAR
WAKTU                                : 45 MENIT
JUMLAH SISWA                : 20 ORANG
HARI/TANGGAL: SELASA, 25 FEBRUARI 2014
A.      KOMPETENSI DASAR
Menceritakan   metamorfosis katak.
B.      INDIKATOR
·         Anak menyebut jenis-jenis binatang yang ada di lingkungan sekitar
·         Anak  menyebut jenis binatang yang mengalami proses metamorfosis
·         Anak  meniru gerakan/lompatan binatang katak
C.      TUJUAN
·         Anak mampu menyebutkan urutan metamorfosis katak
·         Anak bisa membedakan jenis kecebong, katak muda, dan katak dewasa.
·         Anak mampu menirukan gerakan/lompatan katak
·         Anak mampu menggambar dan mewarnai
D.      MATERI POKOK                                : METAMORFOSIS KATAK
E.       MEDIA PEMBELAJARAN:
Ø  Media Guru:
·         Animasi metamorfosis katak
·         Lagu “katakku”
Ø  Media anak:
·         Macam-macam peralatan gambar, seperti kertas gambar besar dan krayon.
·         Macam-macam peralatan seni: kertas origami, lem, dan gunting.
F.       STRATEGI PEMBELAJARAN:
·         Motivasi:
o   Memperlihatkan gambar katak.
o   Menyanyikan lagu dan teka-teki
·         Kegiatan:
o   Kegiatan main yang mengalirkan materi tema “Binatang” khususnya sub tema “mengenal binatang yang ada di lingkungan sekitar”:
§  Mengamati animasi proses metamorfosis yang ditayangkan guru
§  Meniru cara melompat katak
§  Menggambar katak sesuai gambar yang ditayangkan oleh guru lalu menempel dan merangkainya.
G.     PROSEDUR
1.       Pijakan lingkungan main:
Guru menata alat dan bahan yang akan digunakan sesuai rencana.
2.       Pijakan awal main:
·         Anak duduk membuat lingkaran, mengucapkan salam pembuka, berdoa, bernyanyi dengan lagu “katakku”
·         Diskusi tentang jenis-jenis binatang yang ada di lingkungan sekitar.
·         Guru memperlihatkan proses metamorfosis katak melalui tayangan sebuah slide animasi
·         Menggunakan kosa kata baru dan memperagakan konsep-konsep yang tertuju pada proyek yang akan dibuat.
·         Bicara tentang aturan dan prosedur kerja.
·         Memberi anak waktu: menginformasikan gagasan untuk mengerjakan proyek.
3.       Pijakan individu saat main
·         Guru bergerak di antara anak, mengamati, mencatat interaksi main anak sesuai kebutuhan.
·         Guru memberi dukungan yang dibutuhkan anak saat berkarya.
·         Guru menjaga dan membantu anak konsisten dengan urutan kerja.
·         Berusaha untuk mendukung dalam keberhasilan interaksi anak.
·         Guru memberikan pijakan untuk mengembangkan tahapan main anak.
·         Menginformasikan proses metamorfosis katak.
·         Guru memberikan tanda (aba-aba dengan waktu 10-20 menit) sebagai transisi untuk menghentikan kegiatan.
·         Beres-beres, anak diajak untuk menyimpan dan mengembalikan alat-alat pendukung ke tempat semula.
4.       Pijakan setelah main
·         Guru mengajak anak-anak duduk bersama membuat lingkaran untuk Recalling.
Pertanyaan:
1)      Sebutkan jenis-jenis binatang yang ada di lingkungan sekitar
2)      Sebutkan jenis binatang yang mengalami proses metamorfosis
3)      Sebutkan tahapan-tahapan dalam proses metamorfosis katak
4)      Apa perbedaan kecebong, katak muda, dan katak dewasa?
5)      Apa khasiat bagi kesehatan ketika seseorang mengkonsumsi daging katak?
H.      EVALUASI
·         Pengamatan langsung
·         Mencatat pencapaian tahapan main anak
Mencatat ungkapan, pertanyaan, dan pernyataan anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar