RENCANA PERSIAPAN
PEMBELAJARAN SENTRA SENI
KELOMPOK TK B
TEMA :
BINATANG
SUB TEMA :
MENGENAL BINATANG DI LINGKUNGAN SEKITAR
WAKTU :
45 MENIT
JUMLAH SISWA :
20 ORANG
HARI/TANGGAL: SELASA, 25 FEBRUARI 2014
A.
KOMPETENSI DASAR
Menceritakan metamorfosis katak.
B.
INDIKATOR
·
Anak menyebut jenis-jenis binatang yang ada di
lingkungan sekitar
·
Anak
menyebut jenis binatang yang mengalami proses metamorfosis
·
Anak
meniru gerakan/lompatan binatang katak
C.
TUJUAN
·
Anak mampu menyebutkan urutan metamorfosis katak
·
Anak bisa membedakan jenis kecebong, katak muda,
dan katak dewasa.
·
Anak mampu menirukan gerakan/lompatan katak
·
Anak mampu menggambar dan mewarnai
D.
MATERI POKOK :
METAMORFOSIS KATAK
E.
MEDIA PEMBELAJARAN:
Ø
Media Guru:
·
Animasi metamorfosis katak
·
Lagu “katakku”
Ø
Media anak:
·
Macam-macam peralatan gambar, seperti kertas
gambar besar dan krayon.
·
Macam-macam peralatan seni: kertas origami, lem,
dan gunting.
F.
STRATEGI PEMBELAJARAN:
·
Motivasi:
o
Memperlihatkan gambar katak.
o
Menyanyikan lagu dan teka-teki
·
Kegiatan:
o
Kegiatan main yang mengalirkan materi tema
“Binatang” khususnya sub tema “mengenal binatang yang ada di lingkungan
sekitar”:
§
Mengamati animasi proses metamorfosis yang
ditayangkan guru
§
Meniru cara melompat katak
§
Menggambar katak sesuai gambar yang ditayangkan
oleh guru lalu menempel dan merangkainya.
G.
PROSEDUR
1.
Pijakan lingkungan main:
Guru menata alat dan bahan yang akan digunakan sesuai rencana.
2.
Pijakan awal main:
·
Anak duduk membuat lingkaran, mengucapkan salam
pembuka, berdoa, bernyanyi dengan lagu “katakku”
·
Diskusi tentang jenis-jenis binatang yang ada di
lingkungan sekitar.
·
Guru memperlihatkan proses metamorfosis katak
melalui tayangan sebuah slide animasi
·
Menggunakan kosa kata baru dan memperagakan
konsep-konsep yang tertuju pada proyek yang akan dibuat.
·
Bicara tentang aturan dan prosedur kerja.
·
Memberi anak waktu: menginformasikan gagasan
untuk mengerjakan proyek.
3.
Pijakan individu saat main
·
Guru bergerak di antara anak, mengamati,
mencatat interaksi main anak sesuai kebutuhan.
·
Guru memberi dukungan yang dibutuhkan anak saat
berkarya.
·
Guru menjaga dan membantu anak konsisten dengan
urutan kerja.
·
Berusaha untuk mendukung dalam keberhasilan
interaksi anak.
·
Guru memberikan pijakan untuk mengembangkan
tahapan main anak.
·
Menginformasikan proses metamorfosis katak.
·
Guru memberikan tanda (aba-aba dengan waktu
10-20 menit) sebagai transisi untuk menghentikan kegiatan.
·
Beres-beres, anak diajak untuk menyimpan dan
mengembalikan alat-alat pendukung ke tempat semula.
4.
Pijakan setelah main
·
Guru mengajak anak-anak duduk bersama membuat
lingkaran untuk Recalling.
Pertanyaan:
1)
Sebutkan jenis-jenis binatang yang ada di
lingkungan sekitar
2)
Sebutkan jenis binatang yang mengalami proses
metamorfosis
3)
Sebutkan tahapan-tahapan dalam proses
metamorfosis katak
4)
Apa perbedaan kecebong, katak muda, dan katak
dewasa?
5)
Apa khasiat bagi kesehatan ketika seseorang
mengkonsumsi daging katak?
H.
EVALUASI
·
Pengamatan langsung
·
Mencatat pencapaian tahapan main anak
Mencatat ungkapan, pertanyaan, dan pernyataan anak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar