Senin, 24 Februari 2014

SEJARAH PERKEMBANGAN TIK



SEJARAH PERKEMBANGAN TIK DALAM PENDIDIKAN
Pendahuluan

              Peradaban manusia yang terus berkembang selalu sejalan dengan perkembangan cara penyampaian pesan (Informasi) dalam berkomunikasi (selanjutnya dikenal dengan istilah teknologi informasi dan komunikasi). Sejak zaman prasejarah, cara manusia menyampaikan informasi berkomunikasi terus berkembang sampai saat ini.

Pembahasan

Sejarah perkembangan TIK pertama kali diperkenalkan oleh manusia dalam bentuk gambar-gambar yang ditulis di dinding-dinding gua. Gambar yang ada pada dinding gua menggambarkan berbagai macam cerita seperti berburu hewan atau kejadian-kejadian yang mereka alami. kemampuan mereka dalam berbahasa hanya sebatas suara dengusan, bahasa isyarat, dan gerakan tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada periode sampai tahun 3000 SM. Berkomunikasi dengan tulisan untuk pertama kalinya dilakukan oleh bangsa Sumeria. Dengan menggunakan symbol-simbol piktograf sebagai huruf dan mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga membentuk tulisan-tulisan yang mempunyai arti. Selanjutnya pada tahun 2900 SM bangsa mesir kuno telah menggunakan huruf-huruf hieroglif untuk berkomunikasi. Ketika simbol-simbol hieroglif digabung, akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
Pada tahun 500 SM manusia sudah mengenal media untuk Menyimpan informasi yang lebih baik dari serat pohon. Selanjutnya serat papyrus merupakan cikal bakal media yang kita kenal sekarang ini yaitu kertas.Pada tahun/masa 105 M, bangsa Cina menemukan kertas. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri tinta, atau yang sekarang kita kenal dengan sistem cap.
Sejarah perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi berkembang pesat di masa Modern yaitu pada tahun 1400 M sampai sekarang. Misalnya Johan Gutenberg untuk yang pertamakalinya mengembangkan mesin cetak yang menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi yang bisa diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
Tahun 1830Agusta Lady Byron menulis program computer yang pertama di dunia bekerjasama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya yang didesain mampu menyimpan data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk computer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital. Selanjutnya pada tahun 1837Samuel Finley Breese Morse (peneliti Amerika) menemukan telegraph yang pertama dan mengembangkan telegraph dan kode morse bersama ilmuwan dari Inggris SirWilliam Cook dan Sir Charles Wheatstone.
Tahun 1876Alexander Graham Bell berhasi mengirimkan suara pertama melalui telepon. dan pada tahun 1877 dikembangkanlah telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum dengan mendirikan perusahaan Bell TelephoneCompany.Tahun 1879, Sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor, menggantikan sistem pemanggilan nama. Tahun 1891 Nikola Tesla, seorang penemu Amerika yang berasal dari Austria-Hungaria mengumpulkan kumpuran Telsa yaitu sebuah transformer frekuensi tinggi. Peralatan tersebut merupakan komponen vital dari pemancar radio. Tahun 1895 Guglieimo Marconi,seorang penemu Italia mengkombinasikan ide-ide yang sudah ada dengan idenya sendiri dan mengirimkan sinyal komunikasi radio pertama melalui udara. Tahun 1897 Ferdinand Braun (fisikawan Jerman) mengembangkan sebuah tabung katoda sinar-x (Cathode Ray Tube-CRT) kemudian digunakan untuk membuat gambar televisi pada tahun 1907. Tahun 1923, Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama. Kemudian pada tahun 1927 film-film disertai suara mulai dihasilkan. Pada tahun 1936, di London telah dilakukan siaran televisi pertama dalam format hitam putih. Tahun 1899 Dipergunakan sistem penyimpanan dalam tape (pita) Magnetik yang pertama. Tahun 1933 Edwin Howard Armstrong memperkenalkan sistem radio FM(frequency modulation) dimana dapat memberikan suara yang lebih jernih meskipun cuaca sedang buruk, seperti adanya hujan dan badai. Tahun 1938 Pada tahun 1953 siaran berwarna secara resmi tiba di Amerika Serikat,tepatnya pada tanggal 7 Desember 1953. Tahun 1945 Vannevar Bush mengembangkan system pengkodean menggunakan Hypertextp.Tahun 1946ENIAC 1 dikembangkan, sebagai komputer digital pertama didunia.
Dan pada tahun 1957, USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi buatan yang pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance ResearchProjects Agency (ARPA) di bawah kewenangan departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan danteknologi informasi dalam bidang Militer.
Tahun 1962Telstar, satelit komunikasi pertama yang dikirimkan ke orbitnya pada tanggal 10 Juli 1962 yang merupakan hasil kolaborasi NASAdengan Bell system. Telstar kemudian digunakan untuk melayani telepon jarak jauh.Tahun 1969Sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes (titik), antara University of California, SRI(Stanford), University California of Santa Barbara, dan University of Utah dengan kekuatan 50 Kbps.Tahun 1972Ray Tomlison menciptakan program e-mail yang pertama.Tahun 1991 – sekarangpertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai marambah ke dalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.
Teknologi komputer pertama kali diperkenalkan di indonesia sekitaran tahun 1970-1972. Universitas Indonesia merupakan salah satu tempat yang pertama kali diperkenalkan dengan keberadaan dan fungsi komputer. Sejak saat itu komputer mulai diperkenalkan dan disebar luaskan di seluruh indonesia terutama komunitas pendidikan atau perguruan tinggi.
Dengan berkembangnya teknologi tentunya dapat sangat mendukung Mutu pendidikan di Indonesia. Pembelajaran dengan menggunakan teknologi tentu tidak semudah yang dibayangkan. Diperlukan sumber daya manusia yang cakap menggunakannya. Karena di samping dampak positif dengan adanya Teknologi, tentu dampak negatif pula tidak dapat terhindarkan.
Peranan Teknologi informasi sangat besar dan sudah tidak bisa dilepaskan dari segala aktivitas manusia. Hal ini memberikan gambaran bahwa Teknologi merupakan fasilitas utama yang digunakan setiap saat oleh manusia. Berkembangnya teknologi informasi juga berdampak pada berkembang teknologi komunikasi. Hal ini dapat dirasakan dengan semakin mudahnya anda berkomunikasi dengan orang lain, sebelum ada handphone atau e-mail, sebagian orang menggunakan telegraph untuk berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini terus berkembang, dengan adanya e-mail anda dengan mudah mengirim berbagai macam pesan kepada orang lain selama orang yang bersangkutan masih berada di dunia.
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi juga dirasakan manfaatnya dalam bidang pendidikan. Pencarian pengetahuan dan teori dapat dengan mudah ditemukan. Pengetahuan sudah tidak terbatas pada apa yang ditulis di dalam buku.
Dengan perkembangan TIK mahasiswa tidak perlu mengumpulkan tugas mereka dalam bentuk hard copy (kertas) tetapi sudah dalam bentuk soft copy dengan mengirimkannya melalui email kepada dosennya. Dengan menggunakan perangkat jaringan internet maka pembelajaran sudah dapat dilakukan dengan tatap muka walaupun antara dosen dengan mahasiswa di tempat yang berjauhan (E-learning).
Penggunaan TIK menjadi sesuatu yang harus digunakan dalam segala bidang kehidupan, misalnya pencocokan DNA untuk mengetahui anak kandung dengan orang tua, mengenali identitas orang yang sudah tidak bisa dikenali dengan mata telanjang karena sesuatu dan lain hal. Penggunaan kamera CC TV untuk mengungkap berbagai modus kejahatan, penyadapan pembicaraan antara seseorang dengan orang lain yang melakukan kejahatan.

Penutup

            Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki dampak positif dan negatif, oleh karena itu perlu kearifan dalam menggunakannya. Bagaimanapun majunya TIK haruslah berdasarkan pada tujuan awalnya yaitu untuk kepentingan dan kemudahan hidup manusia.
Semoga kita bisa menggunakan TIK dengan arif dan bijaksana yaitu memperhatikan sisi-sisi kemanusiaan kita.

DAFTAR RUJUKAN
Darmin. “Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi”, Darmin Online.http://www.slbn-sragen.sch.id/2011/04/16/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi/ (diakses 19Februari 2014).
Dangstar. “Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi”, Dangstar Online. http://dangstars.blogspot.com/2012/09/sejarah-perkembangan-teknologi.html (diakses 19Februari 2014).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar